Minggu, 31 Oktober 2010

Tindak lanjut PPSPPT 2010 dan pengembangan Mata Kuliah yang adaptif terhadap SoftSkill

NAMA : Havizal Akram
NPM   : 29110937     


Studentsite Universitas Gunadarma


Universitas gunadarma sebagai salah satu universitas swasta terbaik saat ini yang ada di Indonesia terus menerus mengembangkan kurikulum dan sistem pendidikannya guna dapat bersaing dengan universitas-universitas lain. Perkembangan teknologi dan informasi pun turut menjadi salah satu aspek yang di tinjau. Untuk memberi kemudahan para mahasiswa dan untuk mengembangkan kemampuan teknologinya UG memnyediakan beberapa layanan online seperti baak online, Ug Help Desk, seminar online, carrer online, UG Game Zone sap online, elearning, v-class, library online, UGpedia online, wartawarga dan masih banyak lainnya.

kali ini saya akan membahas salah satu dari sekian banyak layanan online yang dimiliki Universitas Gunadarma yaitu layanan Student Site Gunadarma. UG Student Site adalah layanan yang diberikan oleh Universitas Gunadarma yang terdaftar sebagai mahasiswa gunadarma seperti akun FaceBook. bedanya adalah hanya Student Site ini hanya berisi tentang kegiatan perkuliahan.

Kemudahan dan kenyamanan mahasiswa dalam menjalankan studi di Universitas Gunadarma merupakan salah satu faktor penting yang senantiasa menjadi prioritas dan perhatian pihak Universitas untuk terus dikembangkan. Salah satu layanan terbaru yang diberikan kepada mahasiswa adalah "STUDENT SITE ” yang telah di-launching pada tanggal 23 November 2006. Dalam waktu satu minggu setelah kegiatan sosialisasi di Auditorium Universitas Gunadarma, jumlah mahasiswa yang sudah memanfaatkan fasilitas terbaru tersebut lebih dari 500 orang.



STUDENT SITE adalah fasilitas berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas ini, mahasiswa Universitas Gunadarma dapat berkolaborasi dan saling mendapatkan informasi antar civitas akademika Universitas Gunadarma.


Kemudahan Studentsite-UG
  • UG Information: Academic transcript, Schedule of Lecture & exam(mid & final), Presence
  • Access anytime, anywhere: Communicate, Collaborate, Organize, and Share Information seamlessly
  • Personal and Group Calendar: Plan, schedule and track your personal and team events
  • Task Management: Create, assign, monitor and track all your personal and team tasks
  • Email client: Configure your existing mail accounts for sending and receiving mails  

Keunggulan Studentsite- UG
  • Penggunaan satu account untuk semua kepentingan akses di lingkungan aplikasi Universitas Gunadarma. Memudahkan mahasiswa untuk menggunakan aplikasi yang telah terintegrasi
  • Didukung oleh aplikasi dan infrastruktur yang handal, aplikasi StudentSite-UG dapat diakses dimana saja secara online. Manfaatkan kemudahan akses StudentSite-UG ini.
  • Mailbox Email 100 MB: mahasiswa juga memperoleh fasilitas email dengan kapasitas 100 MB. Fitur email ini dapat diakses dalam satu layar (window) aplikasi dengan STUDENT SITE, sehingga si mahasiswa tidak perlu mengaktifkan aplikasi browser lagi untuk melihat ataupun membuat surat elektronik. Fitur ini juga menyediakan komponen yang sudah umum seperti filtering, managing folder, deleting, dan lainnya. Kapasitas yang besar juga membuat mahasiswa lebih fleksibel untuk mengatur aktivitas surat menyurat elektroniknya.
  • Gratis Penggunaan HotSpot UG.

Menu yang ada di halaman muka Studentsite
  • Studensite Login:untuk masuk ke account Studentsite bagi Mahasiswa Gunadarma yang telah mendaftar di Studentsite- UG
  • Berita Studentsite: Info- info terbaru yang ada di Universitas Gunadarma untuk Mahasiswa UG
  • Studentsite Aktivasi: Untuk peng-aktivasian akun Studentsite bagi mahasiswa UG yang belum mendaftar.
  • Studentsite kontak: mengontak petugas jika ada permasalahan pada peng-aktivasian Studentsite dan masalah- masalah pada Akun Studentsite UG.
  •  FAQ Studentsite: pertanyaan- pertanyaan yang sering ditanyakan berkenaan dengan masalah pada Studentsite-UG.

Menu Layanan yang ada di Akun StudentSite
  • Home: pada menu Home terdapat Info dari BAAK UG dan Kalender Akademik Universitas Gunadarma.
  • BAAK News: terdapat informasi dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) yang menyangkut kegiatan- kegiatan kemahasiswaan. dan informasi yang mengenai administrasi akademik.
  • Lecturer Massage: Berisi Tugas- tugas dari dosen pembimbing mata kuliah dan pesan- pesan yang menyangkut kegiatan perkuliahan.
  • Rangkuman Nilai: berisi rangkuman nilai Mahasiswa selama perkuliahan. yang menyangkut nilai pada perkuliahan, kegiatan- kegiatan seperti workshop/kursus, PI / Skripsi / Aptitude / Perpus / Sidang, Ujian Mandiri UTS, dan UTS.
  • Jadwal Kuliah: berisi jadwal perkuliahan yang Mahasiswa jalani.
  • Jadwal Ujian: berisi jadwal kapan Mahasiswa menjalani Ujian.
  • Bebas Perpustakaan: untuk membuat formulir permohonan bebas perpustakaan yang merupakan syarat untuk mengikuti sidang skripsi pada mahasiswa tingkat akhir
  • Surat Keterangan: berisi contoh Formulir surat keterangan. seperti menjadi anggota perpustakaan, asuransi kesehatan, pengunduran diri, melamar kerja, tunjangan pensiun kantor orang tua, magang kerja, memperoleh data penulisan ilmiah, memperoleh data skripsi, analisis data, kerja praktek, permohonan magang kerja, dan tunjangan gaji dari kantor orang tua. jenis- jenis surat tersebut terdapat pada menu ini.
  • Informasi Absensi: berisi informasi absensi selama menjalani perkuliahan yang bisa dilihat mahasiswa semester 6 untuk melihat seberapa aktif mahasiswa tersebut dalam kegiatan perkuliahan.
  • Pendaftaran Lomba Blog: menu ini berisi formulir pendaftaran lomba blog bagi mahasiswa yang ingin mengikutinya.
  • Info Seminar: berisi informasi acara seminar yang diadakan universitas gunadarma.
  • Tulisan (UG Portofolio): untuk me-link tugas- tugas selain tugas softskill dan tulisan- tulisan yang di buat Mahasiswa dalam Blog. selain itu tulisan juga bisa kita muat di Warta Warga Universitas Gunadarma.
  • Tugas (UG Portofolio): sama fungsinya dengan menu tulisan. tetapi hanya tugas softskill yang boleh dimasukkan dalam menu ini.
  • Deposit Library: dalam Deposit Library ini kita bisa meng- upload Penulisan Ilmiah atau skripsi. serta membuat permohonan bebas perpustakaan.
  • Warta Warga UG: dalam menu ini kita bisa membuat posting atau penulisan yang akan masuk di Warta Warga UG.
  • Blog Komunitas: terdapat beberapa blog komunitas dalam menu ini. tergantung blog mana yang sesuai dengan minat dan jurusan mahasiswa yang ingin menulis posting di salah satu blog komunitas berikut: Blog Komunitas Perbankan, Linux, fotografi, robotika, arsitektur, Ekonomi syariah, dan Pasar Modal.

General Menu yang ada di Akun StudentSite

  • Locker: Seperti halnya loker biasa yang dapat menyimpan berbagai barang pribadi si pemilik, fitur LOCKER ini juga meyimpan pesan dosen (Lecture Message) yang diberikan oleh dosen dari mahasiswa yang bersangkutan, Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah , dan Jadwal Ujian. Jadi dengan hanya membuka “LOCKER”, mahasiswa bisa tahu semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma..
  • Change Password: untuk mengganti password akun Studentsite mahasiswa.
  • Preferences: berisi pengaturan yang ingin di atur kembali oleh pemilik akun Studentsite.

Menu- Menu di Akun StudentSite
Home : pada menu Home terdapat BAAK News, Kalender Akademik, dan General Menu.
E- Mail : pada menu e-mail terdapat Inbox, dan E- Mail menu seperti compose email: untuk membuat e-mail baru, dan compress folder.

Calendar : menu ini berisi kalender, dan jadwal- jadwal yang telah Mahasiswa muat selayaknya agenda dalam kalender ini. serta pada menu ini kita bisa mengatur tampilan kalender kita. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan       
Adress Bookmelihat daftar kontak sesama mahasiswa gunadarma yang telah mereka buat. dan dapat dimanfaatkan untuk mengelola alamat-alamat email kolega dari mahasiswa yang bersangkutan.
InfoLog : untuk melihat jadwal yang telah mahasiswa buat, jandwal telepon, dan catatan- catatan penting.
File Manager : Untuk menyimpan dan mengelola file- file yang dimiliki mahasiswa dan mengatur file- file tersebut
Forummenu ini langsung masuk ke sini dan berguna untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan rekan-rekan sejawatnya melalui fitur ini.
BookMarkfitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet,  terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini mahasiswa dapat menyimpan URL situs favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.
Polls  : fitur ini semacam kuesioner. Dengan fitur ini, mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi. dan bisa dipergunakan sebagai pengganti angket jika ada tugas yang memerlukan angket sebagai datanya, tapi sayang, menu ini jarang sekali di jamah oleh mahasiswa.
Log Out : link untuk keluar dari akun Studentsite mahasiswa.

Semua itu bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Ayo tunggu apa lagi, jangan ketinggalan untuk merasakan semua kelebihan dan manfaat yang bisa anda dapatkan dari fasilitas STUDENT SITE.demikian pembahasan saya tentang StudentSite Universitas Gunadarma.
      


Sumber :  http://dendyraharjo.blogspot.com/2010/10/layanan-online-student-site-gunadarma.html



BAAK Online
 
Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) adalah unsur pelaksana dan penanggung jawab administrasi akademik dan kemahasiswaan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab mengembangkan sistem program dan sumber daya biro, mengkoordinasikan, mengintegrasikan dan mengendalikan kualitas pelaksanaan sistem dan program pelayanan, serta mempertanggung jawabkan kinerja administrasi akademik.
STRUKTUR ORGANISASI
Untuk mendukung kegiatan operasi BAAK dibantu oleh 45 staff yang dipimpin oleh seorang Kepala Biro dan dibantu oleh dua orang Kepala Bagian serta enam orang Kepala Sub Bagian yaitu:

Kepala Biro
Mukayat
Kepala Bagian Pendidikan dan Kerjasama
Agus Gunaryo
Kepala Bagian Kemahasiswaan
Subiono
Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik
M. Takrip
Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi
Nur Hidayati
Kepala Sub Bagian Sarana Pendidikan
Gatut Suprijanto
Kepala Sub Bagian Kerjasama
Kuswarini
Kepala Sub Bagian Minat Penalaran dan Informasi
Sunarto
Kepala Sub Bagian Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa
Surachmad

FASILITAS YANG DAPAT DIMANFAATKAN OLEH MAHASISWA
  • Ruang Student Services
  • Meeting Room
Baak Online dimanfaatkan oleh mahasiswa gunadarma untuk memperoleh dan menacari informasi misalnya tentang kalender akademik seperti jadwal perkuliahan,jadwal ujian, jadwal pengisian KRS,dll.


Helpdesk.

Helpdesk ini ditujukan untuk mengoptimalisasi layanan di lingkup Universitas Gunadarma. Setiap keluhan/pertanyaan akan diberikan sebuah nomor komplain yang dapat di gunakan untuk mengetahui progress dari helpdesk. Sebagai reference helpdesk tetap menyimpan archive dan history dari semua keluhan/pertanyaan yang di ajukan.

Carrer.

Unit khusus yang berada di bawah BAPSI dengan cakupan tugasnya adalah
(1) memelihara basis data alumni yang bisa dimutakhirkan melalui situs career center,
(2) memberikan layanan informasi lulusan ke calon pengguna lulusan atau perusahaan-perusahaan,
(3) memberikan layanan proses penerimaan atau penyaluran lulusan berdasarkan permintaan calon pengguna,
(4) mengembangkan dan memelihara layanan berbasis web,
(5) Melakukan koordinasi dengan program studi atau unit kerja terkait lainnya dalam melaksanakan e-tracer study.

Library.

Situs ini ditujukan untuk anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Layanan-layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk meningkatkan pengetahuannya.
Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Perpustakaan UG untuk program profesional dan sarjana terletak beberapa lokasi kampus yaitu di kampus D – depok , kampus E – kelapa dua,kampus J – Kalimalang, Akademi Kebidanan serta perpustakaan program pasca sarjana terletak di kampus C – kenari . Sedangkan perpustakaan audio visual dan Jurnal Elektronik terdapat di kampus depok. Dan semua cabang perpustakaan universitas gunadarma menggunakan sistem informasi perpustakaan yang terintegrasi satu sama lain.

UGpedia.

UGPEDIA merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.
Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UGPEDIA adalah:
1. InstantResponse , merupakan fasilitas pencarian seketika dengan model smart search artinya kami akan mulai mencari begitu anda mengetikkan keyword pada fasilitas InstantResponse.
2. Kemudahan mencari informasi, UG memiliki sekitar 70-an subdomain, kami menyadari bahwa dengan banyaknya subdomain tersebut sulit bagi anda untuk mencari informasi pada subdomain yang kami miliki. Disini anda mendapatkan kemudahan dari kami menunjukkan arah yang tepat bagi informasi yang anda inginkan.
3. Sehubungan dengan term wikipedia” yang sering digunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun anda dapat berkontribusi untuk menyumbangkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, diharapkan dengan sumbangsih informasi tersebut dapat membantu adik, teman maupun pihak lain yang membutuhkannya.
 
Elearning.
 
E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.Ada beberapa pengertian berkaitan dengan e-Learning sebagai berikut :
  • Pembelajaran jarak jauh.
E-Learning memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas. Pembelajar bisa berada di Semarang, sementara “instruktur” dan pelajaran yang diikuti berada di tempat lain, di kota lain bahkan di negara lain. Interaksi bisa dijalankan secara on-line dan real-time ataupun secara off-line atau archieved.
Pembelajar belajar dari komputer di kantor ataupun di rumah dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan Internet ataupun menggunakan media CD/DVD yang telah disiapkan. Materi belajar dikelola oleh sebuah pusat penyedia materi di kampus/universitas, atau perusahaan penyedia content tertentu. Pembelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia mengakses pelajaran.
  • Pembelajaran dengan perangkat komputer
E-Learning disampaikan dengan memanfaatkan perangkat komputer. Pada umumnya perangkat dilengkapi perangkat multimedia, dengan cd drive dan koneksi Internet ataupun Intranet lokal. Dengan memiliki komputer yang terkoneksi dengan intranet ataupun Internet, pembelajar dapat berpartisipasi dalam e-Learning. Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi tidak dibatasi dengan kapasitas kelas. Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.
  • Pembelajaran formal vs. informal
E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-Learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-Learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya, atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahan konsultan) yang memang bergerak di bidang penyediaan jasa e-Learning untuk umum. E-Learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
  • Pembelajaran yang ditunjang oleh para ahli di bidang masing-masing.
Walaupun sepertinya e-Learning diberikan hanya melalui perangkat komputer, e-Learning ternyata disiapkan, ditunjang, dikelola oleh tim yang terdiri dari para ahli di bidang masing-masing, yaitu:
  1. Subject Matter Expert (SME) atau nara sumber dari pelatihan yang disampaikan
  2. Instructional Designer (ID), bertugas untuk secara sistematis mendesain materi dari SME menjadi materi e-Learning dengan memasukkan unsur metode pengajaran agar materi menjadi lebih interaktif, lebih mudah dan lebih menarik untuk dipelajari
  3. Graphic Designer (GD), mengubah materi text menjadi bentuk grafis dengan gambar, warna, dan layout yang enak dipandang, efektif dan menarik untuk dipelajari
  4. Ahli bidang Learning Management System (LMS). Mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.
Di sini, pembelajar bisa melihat modul-modul yang ditawarkan, bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan, serta melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur, nara sumber lain, dan pembelajar lain. Melalui LMS ini, siswa juga bisa melihat nilai tugas dan test serta peringkatnya berdasarkan nilai (tugas ataupun test) yang diperoleh.
E-Learning tidak diberikan semata-mata oleh mesin, tetapi seperti juga pembelajaran secara konvensional di kelas, e-Learning ditunjang oleh para ahli di berbagai bidang terkait.
Melalui sistem E-learning Universitas Gunadarma ini para dosen dapat mengelola materi perkuliahan secara on-line, yakni: menyusun SAP, meng-upload materi perkuliahan, memberikan tugas kepada mahasiswa, menerima pekerjaan mahasiswa, membuat tes/quiz, memberikan nilai, memonitor keaktivan mahasiswa, mengolah nilai mahasiswa, berkomunikasi dengan mahasiswa melalui forum diskusi dan chat, dll.
Mahasiswa dapat mengakses informasi dan materi pembelajaran, berinteraksi dengan sesama mahasiswa dan dosen, melakukan transaksi tugas-tugas perkuliahan, mengerjakan tes/quiz, melihat pencapaian hasil belajar, dll.

Seminar

website ini memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk mengetahui jadwal seminar atau workshop yang akan diselenggarakan.

UG Community

website ini dimanfaatkan mahasiswa,alumni, staff dan dosen untuk berbagi informasi.
 
SAP

Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :
  • Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
  • Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
  • Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
  • Bobot kredit.
  • Tujuan mata kuliah.
  • Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
  • Nama pengajar.
  • Waktu dan tempat kuliah
  • Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
  • Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.
Wartawarga
 
tempat para mahasiswa berkreativitas dalam menulis dan dapat di publish di dalam Warta Warga Gunadarma yang bisa dibrowsing oleh siapa saja.
Manfaat dari Warta Warga Gunadarma bagi pembaca adalah dapat memberikan informasi tentang tema diantara lain:
• Adat Istiadat
• Cerpen
• Disain & Arsitektur
• Ekonomi&Bisnis
• Elektronika & Otomotif
• Fashion
• Featured
• Hobi
• Hukum & Perundangan
• Indonesiaku
• Karya Ilmiah
• Keluarga & Parenting
• Kuliner
• Lingkungan Hidup
• Media dan Telekomunikasi
• Musik
• News and Events
• Obat dan Kesehatan
• Olah Raga
• Opini
• Pendidikan
• Perilaku & Gaya Hidup
• Psikologi
• Puisi
• Renungan
• Reportase
• Resensi Buku
• Resensi Film
• Sastra
• Sketsa Kehidupan
• Software Review
• Teknologi
• Tips and Trick
• Tokoh
• Umum
• Wawancara Wisata
Manfaat yang dirasakan dari Warta Warga Gunadarma sangat besar, membantu mahasiswa menuangkan pikiran,mengajarkan cara penulisan yang baik layaknya jurnalis, informasi yang uptodate, membuat mahasiswa kreativ menggunakan kata-kata, dan banyak lagi.
 
V-class.

Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, Universitas Gunadarma terus mengembangkan diri untuk menjawab tuntutan pasar global atas pendidikan yang bermutu. Dengan mengacu program dari DIKTI yang memiliki tujuan untuk memeratakan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya program tersebut mendorong Universitas Gunadarma untuk bisa menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dengan rekan sesama perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi di luar Jawa ataupun perguruan tinggi yang tergabung dalam perguruan tinggi di Jawa Barat. Idenya adalah dengan mengadakan virtual class sehingga semua mahasiswa di lingkungan intern ataupun di seluruh wilayah yang ada di Indonesia dapat mengikuti kuliah yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma. Berikut ini rincian apa yang harus dilakukan Dosen dan Mahasiswa dalam sistem virtual class :

Yang dilakukan Dosen :

* Pembukaan kelas disini dosen memberikan instruksi kepada mahasiswa untuk melakukan absen.
* Penutupan kelas.
* Presentasi dengan video streamming .
* Upload dan download materi perkuliahan yang akan diberikan.
* Membuat soal ujian, model soal diserahkan sepenuhnya kepada dosen pengajar.
* Memeriksa jumlah mahasiswa yang hadir atau mengikuti virtual class ini.
* Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dengan menggunakan microphone atau lewat chatting.
* Memberikan tugas yang menunjang materi yang dibawakan.
* Diskusi melalui forum (optional).

Yang dilakukan Mahasiswa :
* Absen secara Online menggunakan web yang disediakan.
* Evaluasi dalam bentuk Online.
* Berinteraksi dengan dosen secara audio visual dan atau menggunakan fasilitas chatting
* Diskusi melalui forum (optional).
 
* tautan (link) alamat URL dari sub domain yang dijadikan materi tulisan :
 


Sumber : http://muchlisarenhoat.ngeblogs.info/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar