Senin, 13 Januari 2014

Peranan Bahasa Indonesia

Nama : Havizal Akram
NPM : 29110937


 Peranan bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah.

Suatu karya seni tertulis maupun karya ilmiah membutuhkan suatu bahasa yang baku, yang dimengerti oleh pembacanya. Sebagai pengantar suatu karya ilmiah maupun isi dari karya itu sendiri sangat dibutuhkan bahasa yang baik dan baku. Bahasa Indonesia sendiri dinilai cukup baik untuk mengkomunikasikan bahasa ilmiah yang cukup sulit dimengerti, namun dalam dalam penggunaannya seringkali membutuhkan perhatian khusus, karena mungkin akan didapatkan pengertian yang tidak sesuai dengan yang seharusnya. Penggunaan kata serapan bahasa Indonesia terhadap suatu karya sangat membantu untuk memahami maksud dari karya tersebut.
  • Bahasa sebagai alat komunikasi
Indonesia memiliki beragam bahasa daerah dan sebagian masyarakatnya pun gemar untuk menggunakan kata serapan bahasa asing.
penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam ilmu pengetahuan, menyebabkan bahasa Indonesia menyerap banyak kata dan istilah asing.
penggunaan kata-kata serapan baik dari bahasa daerah maupun bahasa asing justru menguatkan bahasa Indonesia. Masuknya suatu kata atau istilah asing, yang tentunya telah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dan mengalami penyesuaian dalam penulisannya, justru memperkaya bahasa Indonesia. Hal ini menjadi bukti keterbukaan dan kelenturan bahasa Indonesia dalam menerima istilah dan kosakata asing. Kelenturan dan keterbukaan ini adalah dua dari beberapa syarat yang mampu menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang akan semakin berkembang dan hidup dalam mengkomunikasikan suatu maksud pada khalayak umum baik melalui buku, penyampaian secara langsung maupun media komunikasi lainnya.
  • Bahasa sebagai alat mengembangkan ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan sering berjalan seiring perkembangan jaman dan kecanggihan teknoligi dan peranan bahasa Indonesia merupakan sarana penting untuk menunjang pengembangan ilmu pengetahuan tersebut.
bahasa Indonesia yang dipakai pada suatu karya ilmiah atau karya tulis lainnya diharapkan dapat mendukung publisitas dan mudah dimengerti oleh pembaca, sehingga ilmu yang diterima mudah dimengerti dan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar